Rabu, 01 Agustus 2012

Puncak Abadi Para Dewa, Mahameru (part 5)

Menuju Mahameru

Jam 23.00

Bang kojek dari tenda sebelah mulai mengaum2 bangunin kita semua. “ mahameru woooy, puncak woooy, bangun banguuun” bang kojek teriak sambil ngegoyang2in tenda. Kali ini, ga ada males2an pas bangun, seketika itu juga gue langsung bangun dan mulai siap2. tidur selama 3 jam yang nyenyaak banget, udah cukup bikin gue seger lagi. Gue yakin di luar tenda dingin, jadi baju gue udah lapis 5, celana lapis 2, kaos kaki lapis 2, sarung tangan, kupluk, slayer, semuanya udah oke, baru gue keluar tenda.
            Ngangetin badan di api unggun lagi, sambil makan roti dan minum susu buat tenaga. Sekitar jam setengah 12 malam, kita ngerasa udah siap. Kita ngebuat lingkaran, dan berdoa….Ya tuhan, inilah perjalanan yang sebenarnya, sebentar lagi, mimpi yang sudah terukir selama 3 tahun, akan jadi kenyataan, bantulah hambaMU ini…bismillah.
            Dan perjalanan pun di mulai. Tanjakan demi tanjakan pelan2 kita laluin. Bang kojek yang ada di depan, buka jalan, di susul Wira baru gue. Baru beberapa menit jalan, kita berhenti, kak Ipeh ga kuat, akhirnya dia ditarik pake webbing. Kita semua diem disitu, bahkan ini baru tanjakan biasa, belum medan berpasir…kuatkanlah kami ya Allah…
            Pelan2 kita lanjutin perjalanan. Dan akhirnya sampai di batas vegetasi. Tanaman terakhir udah terlewat, di depan kita sekarang Cuma pasir, pasir dan batuan2, kalo ngedongak ke atas juga, puncak mahameru sama sekali belum keliatan. Perjalanan ini panjang, dan ga mudah.
            Mulai masuk medan berpasir, langkah kita jadi semakin pelan. Bahkan badan gue udah ga tegak lagi, ga bisa kalo jalan Cuma ngandelin kaki, perlu tangan yang ikut berperan, ikut narik badan untuk naik ke atas. Jalan gue udah ngerayap, sama dengan yang lainnya. Kak ipeh yang awalnya ditarik sama bang imam aja, sekarang jadi ditarik sama 2 orang, wira ikut ngebantu. jarak jalan kita juga berantakan. Di situ ga ada yang ngomong, semuanya konsen sama jalan, ngatur nafas, nahan dingin angin yang dateng dari kanan kiri tanpa ada halangan pohon. Perjalanan kali ini, bahkan ketika kaki ini udah naik satu langkah, pasir2 itu bakal turun lagi, dan langkah kita bakal ikut turun, balik lagi ke tempat kita semula. Rasanya udah beberapa menit jalan, tapi posisi gue masih ada di situ2 aja. Rasa capek juga cepet datengnya. Baru berapa langkah kita langsung cari batu kuat buat pijakan, dan duduk, istirahat. Dan kalo gue istirahat, terus liat ke bawah, rasanya sediih banget, rasanya udah capek, udah lama jalan, tapi ternyata jarak kita sama batas vegetasi tadi masih deket, bahkan puncak mahameru belum keliatan.

Kak Ipeh yang di tarik pake webbing
walau kayak gimanapun semangatnya gapernah runtuh :)

Di dalem hati gue saat itu, gue ngerasa capek. Malah sempet pesimis. Pasir2 ini susah banget buat dilaluin. Bahkan puncak pun belum keliatan. Seberapa lama lagi? Akan lebih gampang kalo gue turun balik ke tenda. Lebih deket, lebih gampang. Tapi, Ya Allah…mimpi gue udah di depan mata !! apakah semudah itu menyerah? Pelan2 gue coba naik lagi, bahkan berapa kali gue salah megang batu yang gue kira kokoh tapi ternyata rapuh, akhirnya badan gue bahkan muka gue terjembab di atas pasir2 itu. Astagfirullah, ga pernah sekalipun gue nyangka kalo jalannya bakal sesusah itu. Lagi2 istirahat di atas batu. Gue liat wajah temen2 seperjuangan gue, mereka semua ngalamin dan ngerasain hal yang sama. Gue ga sendirian. Gue ga boleh lemah, gue ga boleh ngecewain mereka, dan yang paling penting, gue ga boleh ngecewain diri gue sendiri.

Kondisi perjalanan menuju puncak

3 jam perjalanan. Jarak jalan kita udah kepisah2. gue ada di depan bareng bang kojek, bang yudi, bang yasin dan kak jannah. Kali ini, gue udah ga peduli dengan pijakan2 batu buat istirahat. Pas gue ngerasa capek saat itu gue langsung jatuhin diri gue di atas pasir, gue sujud, bahkan tidur tengkurep ngerasain pasir2nya di wajah gue. Gue ga peduli. Ketika capeknya ilang lagi, gue jalan lagi. 5 langkah, gue jatoh lagi, tengkurep lagi, terus naik lagi. Itu pola gue, pelan2 tapi jangan berhenti, bahkan jangan sekalipun berpikir buat nyerah dan turun, ga, itu bukan pilihan. Gue harus naik dan terus naik. Bahkan ketika gue bener2 capek, gue tiduran di atas pasirnya, dan subhanallah…terima kasih ya Allah, karena di sela2 perjuanganku ini, kau beri pemandangan yang menakjubkan untuk menemani perjalananku. Hamparan bintang2 berkelap-keliar di langit. Kayak hamparan pasir di laut…bahkan jajaran milky way terlihat jelas…subhanallah. Dan ketika gue terduduk, lautan awan putih, bukit2 yang kemaren siang gue lewatin, semuanya terlihat, jauh lebih indah dari atas sini.

Keindahan alam Mahameru
dalam perjalanan untuk menggapai puncaknya

Bahkan ini belum puncak, belum puncak ! keindahan apa yang akan di sajikan di atas sana?  Jauh lebih indah pastinya…dan apakah keindahan itu akan gue lewatkan, hanya karena gue ‘kalah’ sama pasir2 ini? Gaboleh. Untuk mencapai surga, tentu perjuangannya ga akan gampang.

Bintang-bintang yang nemenin perjalanan gue

Pelan2 gue mulai naik lagi. Kali ini gue udah dapet pola naik yang enak buat gue. Gue namain gorilla jump. Jadi gue jalan kayak gorilla gitu loh, tangan sama kaki harus selaras biar langkah kita ga turun2 lagi….
            5 Jam perjalanan. Kali ini, gue ada di paling depan sendirian. Temen2 yang lain ada di belakang, mereka dengan pola dan irama masing2. masih belum nyerah. Bahkan sekarang kak jannah ikut di tarik sama bang Yasin. Dan bang kojek nawarin buat ikut narik gue. Yaa, mungkin lebih mudah kalo ditarik dan dapet bantuan tenaga dari bang kojek. Tapi, ketika gue coba Tanya diri gue sendiri pun, insyaAllah gue masih kuat. Bahkan puncak mahameru udah keliatan di depan sana. Gue yakinkan diri gue sendiri, gue masih bisa berjuang sedikit lagi, ngeluarin tenaga yang gue punya. Gue percaya kalo badan gue masih sanggup untuk berjuang, sedikit lagi…jadi gue ngerasa belum butuh bantuan bang kojek..

Kamis, 28 Juni 2012
Jam 05.00

Gue masih melangkah, pelan-pelan, mencoba mengenggam pasir2, mengenyahkan rasa dingin dan tiupan angin yang semakin kencang. Di sisi kanan gue, mulai keliatan warna-warna langit yang kecerahan, degradasi warna biru tua-biru muda-orange mulai keliatan. Sebentar lagi matahari akan terbit, sungguh alangkah indahnya kalau gue bisa nikmatin di puncak sana. Dan ujung perjalanan itu, ya Allah, bahkan puncak perjalanan ini benar2 sudah di depan mata, keliatan jelas, pasir2 itu di atas sana sudah berakhir, di atas sana, udah ga ada lagi tanjakan.
            Gue masih sendiri, di belakang keliatan jelas pendaki2 lain masih ngerayap, berjibaku dengan pasir2 itu. Temen2 gue ada di antara mereka. Tapi cukup gue ngeliat ke belakang. Di depan gue ada jalanan kecil berpasir, kanan kirinya pun jurang. Dengan angin kencang seperti ini, pasti sulit ngelewatinnya. Gue berhenti disitu, sambil istirahat, dan ngumpulin tenaga. Pelan2, tapak demi setapak, gue coba lewatin jalan itu….terus naik, kali ini jalanan didominasi sama batu2 kecil.
            Nafas gue mulai susah, karena kecapekan, dan udara yang semakin tipis, angin yang kencang. Kaki gue udah gemetaran, celana bahkan baju gue penuh dengan pasir, tangan gue kelu dan sakit, ya Allah, badan ini bener2 udah ga kuat, rasa capek bener2 udah nguasain badan gue. Tapi gue coba paksain, gue coba buang semua rasa negative, pelan2 terus melangkah…dan melangkah…

Jam 05.30

Sampai akhirnya tidak ada lagi tanjakan di depan mata, tidak ada lagi pasir-pasir di atas gue,tidak. Bahkan awan2 itu kini ada di bawah gue…ya, karena kaki gue yang masih gemeteran ini, sekarang ada di tanah tertinggi di pulau Jawa…kaki yang masih gemetaran ini, perlahan melangkah, di hamparan pasir tertinggi….Angin masih bertiup, tapi tidah sekencang tadi, dingin ini masih ada, tapi tidak sedingin tadi. Rasa capek, haus, kelaperan, sesak nafas, kaki gemeteran, tangan yang sakit, muka penuh pasir….semua hilang, bener2 hilang. Karena di depan mata gue, Cuma ada matahari yang pelan2 muncul, sempurnya, ga ada awan yang nutupin. Belum pernah gue liat matahari seindah itu, sebersih itu. Ya Allah, Subhanallah. Seperti inikah surgaMU ?
            Bahkan tanpa gue sadari, air mata menetes di pipi gue. Pagi itu, gue berhasil ngelawan ego diri gue. Perjalanan panjang di kereta, kepanasan desek2an di bis, membeku kedinginan di ranu kumbolo, kepanasan dan kecapaian di oro-oro ombo, dan merangkak, bersujud, tengkurep, jatuh, bangkit lagi, jatuh lagi dan terus melangkah di pasir2nya…Subhanallah, bahkan gue gapernah nyangka gue bisa ngelaluin itu semua. Pagi ini, ketika gue menjejakkan kaki di atas puncak Mahameru, gue Cuma bisa nangis, ngerasain sensasi indahnya tanah Jawa ku ini yang disinari matahari pagi yang baru terbit, di puncak impian, di puncak abadi para dewa, hanya gue dan Mahameru. Bahkan pendaki lainnya belum sampai.

My best Sunrise

Aku mencintaimu, Indonesiaku

Air mata yang netes di atas pasirnya, bahkan susah buat berhenti. Pelan2 gue jalan ke bendera merah putih yang masih berkibar, dan sujud di depannya, dan gue cium bendera itu. Bendera merah putih, bendera Indonesia, Negeri ku tercinta, yang bisa memberikan keindahan surga Dunia ini. Ketika bang teguh dan bang yudi dan bang kojek dateng, meluk dan ngasih selamat. Kita semua adalah pemenang di atas puncaknya pagi hari itu. Langsung gue hapus air mata gue. gue langkahkan kaki gue di seputar puncak, pegunungan2 terlihat di jauh sana, tertutup awan2 putih.

Keagungan ciptaanMU

Ga lama kak jannah dateng, gue langsung lari ngehampirin dan meluk kak jannah. Kita sama2 jatuh di atas pasirnya, masih berpelukan. Kak jannah langsung nangis, gue juga nangis lagi. Kita sama2 nangis sambil teriak2 penuh syukur. Terus pelan-pelan ikut nikmatin pemandangan dari atas mahameru. Ga lupa, kita solat subuh, di atas puncak Mahameru J
Kejadian lucu yang terjadi di atas sana adalah, pas kita semua pada kelaperan. Tapi persediaan makanan dan minuman semuanya di bawa bang imam dan wira yang masih belum sampai di puncak. Jadinya, setiap ada pendaki lain yang sampe puncak, langsung kita kasih selamat, tapi abis itu langsung kita palakin buat minta minum sama makanan haha. Lumayan kita dapet air putih, pocary sweat, roti lapis sama wafer hahaha.
Pas kita lagi sibuk foto2, tiba2 ada suara gemuruh yang gede banget, kita kaget, dan pas kita liat belakang, Subhanallah, ternyata Jonggring Seloko, kawahnya Mahameru, ngeluarin asapnya. Ya mahameru yang masih aktif, kawahnya selalu ngeluarin asap setiap setengah jam sekali, inilah sensasi lain yang bisa dirasain di atas sini. Maka dari itu kita gaboleh ada di puncak sampe lebih dari jam 10 pagi, karena arah angin yang menuju puncak, dan rawan dengan gas movet yang dikeluarin dari kawah itu.

di depan wedhus gembel

Sekitar jam 07.10 akhirnya kak ipeh, bang imam, bang lathif dan wira sampai. Jadi, kita bersepuluh, lengkap, ada di atas puncak mahameru. Impian kita semua, pagi itu tergapai. Dengan perjuangan dan pengorbanan. Alhamdulillah, 10 anak manusia yang pada awalnya ga saling kenal, sekarang di atas atap tanah jawa ini, mulai ngebentuk sebagai sebuah keluarga baru.

Alhamdulillah, Mahameru (3676 mdpl)

Dan impian ini akhirnya tercapai. Terima kasih ya Allah, kau masih memberikan ku kesempatan untuk menikmati keindahan ciptaanMU, di tanah air ku, Surga Dunia ini…

Aku mencintaimu, Mahameru..
Karena aku mencintai keberanian hidup