Rabu, 01 Agustus 2012

Puncak Abadi Para Dewa, Mahameru (part 4)

Menuju Arcopodo

Rabu, 26 Juni 2012

Jam 5 pagi, Kak jannah bangun duluan dan mulai bangunin penghuni tenda buat solat subuh. Ga usah ditanya lagi, gue yang bangunnya paling telat dan susah, baru bangun jam setengah 6. itu juga gara2 iming2an sunrise yang keren banget di Ranu Kumbolo. Abis solat subuh, kita semua keluar tenda, ngelawan semua rasa dingin yang lebih menggigit daripada pas malem tadi, buat nikmatin indahnya sunrise di Ranu Kumbolo. Sebuah pemandangan yang ga akan bisa dinikmatin dimanapun, dan gabisa dibayar sama apapun.

matahari muncul pelan2 dari balik bukit
Ranu kumbolo

Di belakang tenda, ada banyak kerumunan yang lagi ngelilingin api unggun, kita yang emang lagi kedinginan juga, jadi ikutan nimbrung. Dan ternyata, kerumunan itu adalah cast and crew dari up coming movie, 5 cm !!! what a lucky day !! kita jadi sok2an ikut ngobrol bareng sang sutradara, Rizal mantofani, terus juga ada cast director, dll. Gue exited banget bisa ngobrol dan share tentang pengalaman mereka syuting 5 cm. karena, novel 5 cm lah yang ngebuat gue pingin naik gunung Semeru. Pas masih SMA dulu, gue dan anak2 pecinta alam lainnya sering ngobrolin soal novel itu, dan mulai sama2 ngebangun mimpi buat naik mahameru.
            Dan sekarang, ketika satu mimpi gue akan terwujud, di mahameru ini, gue dikasih kesempatan buat secara ga langsung terlibat dalam pembuatan filmnya. Alhadulillah. Mahameru selalu memberikan kejutan J
            Beres ngobrol2 dan foto2 sama para castnya (junot, Fedy nuril, pevita pierce dan igor saykoji) kita mulai masak dan sarapan. Indahnya ranu kumbolo yang terpantul matahari pagi ngebuat semangat kita bangkit, hari ini, kita akan jalan lebih jauh dari kemaren, dan semakin dekat dengan tujuan akhir kita, puncak mahameru.

Foto bareng sama sutradara 5 cm
di depan tanjakan cinta

Packing beres, kita siap berangkat. Pelan-pelan dan langsung dihadapkan dengan Tanjakan Cinta. Tanjakannya emang ga curam, Cuma dengan kemiringan 40-70 derajat dan track lumayan panjang…ini tanjakan pertama kita dan langsung nguras tenaga kita. Gue ga peduli lah dengan mitos kalo kita nanjak ga liat belakang dan ga berenti, kita bisa dapet cinta kita. Masa bodo laaah !! karena kalo kita berenti di tengah tanjakan setan karena kecapekan, dan kita liat ke belakang, subhanallah…pemandangan yang ga akan bisa gue gambarin keindahannya. Rasa capek langsung ilang, semangat langsung full tank dan gue bisa ngelanjutin perjalanan.

View Ranu kumbolo dari tanjakan cinta

Pelan-pelan, ngos2an, akhirnya sampe di puncak tanjakan cinta, dan…subhanallah, lagi2 pemandangan di depan kita bikin mulut jadi susah mingkem !! yang namanya capek, ngos2an, kepanasan, semuanya langsung ilang. Cantiknya Ranu kumbolo ilang, dan digantikan dengan oro-oro ombo yang misterius. Hamparan ilalang2, kayak hutan savanna di luar negeri. Ah indah banget…kita lanjutin perjalanan, jalan pelan2 sambil nikmatin pemandangan yang indah banget. Emang bener, ga akan bosen naik gunung Semeru, bahkan di setiap perjalanannya banyak di kasih kejutan2 pemandangan yang fantastis, yang ga bisa digambarkan kecantikannya.

view dari balik jembatan Cinta
Oro-Oro Ombo

Kita nyusurin padang savanna itu, disekeliling kita ada banyak bunga lavender warna ungu. Cantiiik banget ! gue berasa lagi syuting film romantis atau syuting video klip. Kita jalan sambil nyanyi2, nikmatin angin yang berhembus sepoi2 dan matahari yang bersinar cerah, tsaaaah.

nyusurin savanna

Selepas padang savanna, kita mulai masuk hutan2 kering, dan mulai ngelewatin bukit. Yaa, kita harus nyusurin bukit2 buat sampe ke mahameru. Jadilah sepanjang perjalanan itu kita naik turun beberapa bukit. Di bawah terik matahari, keringet mulai ngalir deres, beban carier juga mulai berasa berat banget, dan jalanan nanjak tiada henti. Kita jalanin sama2, berbagi ager2 dan jossu setiap berenti isitrahat. Sambil ngobrol dan bercanda buat ngilangin rasa capek. Justru kebersamaan dalam perjalanan inilah, saling ngebantu, ngasih semangat, kita sama2 jalanin berbagi rasa capek dan ketawa rendah di sela-selanya, inilah yang akan selalu terkenang.
                        Selama 3 jam perjalanan naik turun bukit, pelan-pelan mulai keliatan hamparan tanah luas di depan kita, gue, bang kojek dan bang yudi yang ada di depan, mulai melanin langkah kita. Pas kita mulai masuk ke hamparan tanah itu, kita semua Cuma bisa diem. Ngeliat apa yang ada di depan kita bertiga….Puncakk Mahameru yang berdiri kokoh. Tinggi menjulang di depan kita, udah ga ada lagi bukit2 yang ngehalangin. Keliatan jelas pasir-pasir yang membentuk jalan, jalurnya jelas, menunggu untuk kita naiki, menuju puncak abadi, Mahameru. Puas ber-wow dan terkagum2, kita langsung foto2 sambil nunggu semua pendaki ngumpul. Perjalanan menuju kalimati lumayan landai, dan hamparan bunga edelweiss mewarnai perjalanan kita, sedangkan puncak mahameru masih kokoh berdiri di depan jalan.
            Sampai di kali mati. Kita langsung istirahat dan masak buat makan siang. Disini mulai kerasa dingin, padahal baru jam 1 siang. Gue langsung sunbathing, tiduran di hamparan tanah, lumayan buat ngangetin badan, masa bodolah mau item juga, yang penting ga kedinginan haha.

bang lathif yang ikut2an sunbathing

Sekitar jam 3 sore, setelah makan, solat dan istirahat, kita packing. Karena perjalanan kali ini adalah perjalanan yang sesungguhnya, medan udah nanjak terus ga ada turunan, jadinya kita ngurangin muatan. 3 carier dan barang2 yang ga diperluin buat diatas, kita tinggalin di pos kalimati, nitip sama pendaki lain. Jadi muatan kita agak lebih ringan, dan ready to go.
            Menuju Arcopodo, medannya udah full tanjakan dan berpasir. Jadi recommended banget buat pake slayer buat nutupin muka. Kita nanjak pelan2, sambil ngatur nafas, udah ga ada lagi jalanan landai, apalagi turunan. Setapak-demi setapak kita terus jalan….akhirnya, Wira yang ada paling depan, berhenti dan nurunin carier. Gue yang ada di belakangnya langsung girang, di depan wira ada plang warna kuning, ARCOPODO. Gue langsung ketawa2 tos sama wira. Rasanya seneng banget akhirnya sampe, walaupun emang belum sampe puncak, tapi seenggaknya hari ini, kita sampai di pos terakhir menuju puncak mahameru. Gue langsung teriak2 sama temen2 di belakang, “arcopodooo….kita sampe di arcopodo…” teriak gue girang. Yang lain langsung ikut nyorakin, bahkan kak jannah langsung lari, ngelupain rasa capeknya.

Alhamdulillah sampe, Arcopodoo :)

Arcopodo ternyata hutan2 yang lumayan banyak tempat landai buat buka tenda. Kita langsung dapet lapak dan gelar tenda. Dan pas banget sunset sore itu indah banget, kita nikmatin sambil minum kopi. Indaah banget J

Sunset di Arcopodo

Hari udah mulai malem, arcopodo juga udah mulai rame sama pendaki2 lain. Mereka pada nyalain api unggun buat ngangetin badan. Kita juga mulai bagi2 tugas, ada yang nyalain api unggun, masak dan beres2 tenda. Malem itu, gue sama bang yudi kebagian masak. Dan itu adalah sesi masak dan curhat terkocak bareng bang yudi. Menu kita malem itu adalah nasi, telor orak arik, sarden, sambel terasi, dan ikan asin balado (lauk ini, ga sengaja ditemuin wira di tengah jalan, kayaknya sih punya pendaki lain yang ketinggalan, tapi karena enak, yaudah kita makan aja haha).
            Kita langsung makan, terus ngangetin badan di depan api unggun sambil dengerin lagu2 jadul kayak sepanjang jalan kenangan. Tenaaang banget rasanya. Tapi malem ini ga ada main kartu atau ngobrol2 lama. Jam 9 malem kita semua udah merem. Kita harus cepet2 tidur, isi tenaga, karena besok…Perjalanan sesungguhnya menuju Puncak Mahameru akan dimulai.