Jumat, 20 Juli 2012

Puncak Abadi Para Dewa, Mahameru (part 2)

Menuju Ranu Pane

Selasa, 25 Juni 2012.
            Jam 5 pagi, gue dibangunin (dengan paksaan dan teriakan) akhirnya gue berhasil bangun buat solat subuh. Kita semua langsung bersih2, mandi, ganti baju, packing segala macam, pokoknya persiapan terakhir buat tempur lah. Beres semua, kita sarapan. Mantap banget sarapannya, Cuma 5 ribu udah dapet nasi segunung, sayur, tempe sama bakwan haha.

Persiapan menuju pasar Tumpang

Foto2 di depan sekret, sebelum berangkat

Selesai makan, kita siap2 berangkat. Oh ya, di sana gue ketemu sama bang Tony, mantan mahasiswa SIL angkatan 45. Kita banyak ngobrol2, dia exited banget gue ikutan naik, bahkan dia ikut nganter kita sampe Tumpang. Sekitar jam 8 pagi, setelah kita puas foto2 di Universitas Brawijaya, kita berangkat menuju pasar Tumpang pake angkot. Sampe di pasar Tumpang, kita ada yang belanja snack dulu, ada yang ngurus2 surat izin, ada juga yang fotocopy KTP dll. Beres itu semua, kita berangkat ke puskesmas terdekat, disana kita diperiksa tensinya buat keterangan surat sehat. Itu diperluin banget buat pendakian ke Mahameru.
            Beres itu semua, kita ke warteg, makan siang sekalian beli buat bekal di atas sana nanti. Lagi2 di warteg kita banyak bercanda2, ledek2an, sambil godain anaknya si mbok warteg yang masih bocah haha. Selesai makan kita langsung naik truk yang udah nungguin. Di atas truk udah ada 2 orang dari jogja yang juga mau naik Mahameru. Mereka berdua, yang akhirnya masuk jadi gerombolan perjalanan kita, mereka berdua akhirnya jadi teman perjalan kita sampe puncak mahameru.
            Pas udah mau berangkat, kita pamit sama anak2 Ilmu tanah yang dari kemaren udah bantuin kita, juga sama bang Toni. Bahkan bang toni sampe nitipin gue ke bang kojek, katanya, jagain gue gaboleh sampe lecet2, gue Cuma ketawa2 sambil tos sama bang Toni, akhirnya ada juga yang ngebelain gue setelah selama ini diledek2in mulu haha.

Suasana dalam truk

Sepanjang jalan kita exited banget berdiri di atas truk. Dari jauh Gunung Bromo Tengger Semeru udah keliatan. Terutama gunung Semeru yang udah keliatan megah baget berdiri kokoh diatas sana. Semakin lama perjalanan kita udah masuk ke hutan2 dan pemandangannya…Subhanallah banget. Jurang2 yang dalem banget, di bawah kita ada sungai, di depan kita hamparan pegunungan, juga ada perkebunan2. terus di balik sana, di balik bukit2 itu, Puncak Mahameru muncul perlahan, kokoh, megah, misterius, indah. Gue teriak2 girang sepanjang perjalanan, y ague mungkin yang paling girang di sana, exited dengan semua pemandangan yang disuguhin, gak lama kemudian, kita masuk ke kawasan gunung bromo. Hamparan padang savanna, terus juga ada bukit teletubbies, semuanya keliatan dari atas truk. Gue jingkrak2 liatnya, sambil sibuk foto tentunya. Belum lagi kalo kita liat ke belakang, dan hamparan awan2 putih bergumpal kayak bakpau. Subhanallah. Kita semua terlalu kagum sepanjang perjalanan. Bener2 ga nyangka, padahal ini hanya perjalanan menuju pos pendakian, bahkan pendakian belum di mulai, tapi pemandangan yang disajikan udah bikin mulut susah mingkem haha.

Pemandangan sepanjang perjalanan...liat puncak tertinggi nun jauh di sana?
ya, itulah Mahameru :)

Cuma bisa terkesima melihat indahnya ciptaanNYA

Asik dan serunya, ga lupa narsis juga sepanjang perjalanan

Sekitar 1 setengah jam perjalanan, akhirnya kita sampai di desa ranu Pane. Dan truk berhenti di pos Ranu pane. Ranu (danau) pane itu ya danau kecil yang lumayan jernih…yang juga merupakan pos awal pendakian Mahameru. Di sini kita harus registrasi. Ada juga yang jual makanan2, souvenir2, ada mesjid juga ada kamar mandi. Pokoknya bener2 pos buat ngisi muatan buat mulai pendakian.
            Kita langsung Solat, bersih2, daftar, dll. Setelah semuanya beres dan setelah puas foto2, kita ngebentuk lingkaran. Berdoa. Karena dari sini, pendakian menuju puncak mahameru dimulai.

Inilah pemandangan dari pos pendaftaran ranu pane